PHP Loops

PHP Loop

Dalam tutorial ini Anda akan belajar bagaimana mengulangi serangkaian tindakan menggunakan loop di PHP.

Berbagai Jenis Loop di PHP

Loop digunakan untuk mengeksekusi blok kode yang sama berulang kali, selama kondisi tertentu terpenuhi. Ide dasar di balik loop adalah mengotomatiskan tugas yang berulang dalam program untuk menghemat waktu dan tenaga. PHP mendukung empat jenis loop.

  • while – loop melalui blok kode selama kondisi yang ditentukan bernilai true.
  • do… while – blok kode dieksekusi satu kali dan kemudian kondisi dievaluasi. Jika kondisinya benar, pernyataan tersebut diulangi selama kondisi yang ditentukan benar.
  • for – loop melalui blok kode hingga penghitung mencapai nomor tertentu.
  • foachre – loop melalui blok kode untuk setiap elemen dalam array.

Anda juga akan belajar cara mengulang nilai-nilai array menggunakan foreach() di akhir bab ini.  Loop foreach() bekerja secara khusus dengan array.

PHP While Loop

While akan loop melalui blok kode selama kondisi yang ditentukan dalam while mengevaluasi dengan benar.

Contoh di bawah ini mendefinisikan loop yang dimulai dengan $i=1. Loop akan terus berjalan selama $i kurang dari atau sama dengan 3. Jumlah tersebut $i akan bertambah 1 setiap kali loop berjalan:

PHP do… while Loop

do-while Loop adalah varian dari while loop, yang mengevaluasi kondisi pada akhir setiap iterasi loop. Dengan do-while loop, blok kode dieksekusi satu kali, dan kemudian kondisinya dievaluasi, jika kondisinya benar, pernyataan tersebut diulangi selama kondisi yang ditentukan yang dievaluasi adalah benar.

Contoh berikut mendefinisikan loop yang dimulai dengan $i=1. Ini kemudian akan bertambah $i dengan 1, dan mencetak hasilnya. Kemudian kondisi dievaluasi, dan loop akan terus berjalan selama $i kurang dari, atau sama dengan 3.

Perbedaan Antara while dan do… while Loop

while Loop berbeda dari do-while loop dalam satu cara penting – dengan while loop, kondisi dievaluasi diuji pada awal setiap loop iterasi, jadi jika ekspresi mengevaluasi kondisional ke false, loop tidak akan pernah dieksekusi.

Dengan do-while loop, loop akan selalu dieksekusi sekali, bahkan jika ekspresi kondisional adalah false, karena kondisi ini dievaluasi pada akhir iterasi loop bukan awal.

PHP For Loop

For Loop mengulangi blok kode selama kondisi tertentu terpenuhi. Ini biasanya digunakan untuk mengeksekusi blok kode untuk beberapa kali.

Parameter for loop memiliki arti sebagai berikut:

  • initialization – digunakan untuk menginisialisasi variabel counter, dan dievaluasi satu kali tanpa syarat sebelum eksekusi pertama dari body loop.
  • condition – di awal setiap iterasi, kondisi dievaluasi. Jika dievaluasi ke true, perulangan akan berlanjut dan pernyataan bertingkat dijalankan. Jika dievaluasi ke false, eksekusi loop berakhir.
  • increment – Ini memperbarui penghitung loop dengan nilai baru. Itu dievaluasi pada akhir setiap iterasi.

Contoh di bawah ini mendefinisikan perulangan yang dimulai dengan $i=1. Pengulangan akan berlanjut sampai $i kurang dari, atau sama dengan 3. Variabel $i akan bertambah 1 setiap kali pengulangan dijalankan:

PHP foreach Loop

foreach Loop digunakan untuk iterate over array.

Contoh berikut menunjukkan loop yang akan mencetak nilai dari array yang diberikan:

Ada satu sintaks lagi dari foreach loop, yang merupakan perpanjangan dari yang pertama.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *